Jumat, 02 November 2012

Cara Mudah Membuat Antena Wifi Sendiri

Membuat Antena Wifi
Cara Membuat Antena WifiJaringan Wifi dapat diperoleh dengan cara menyediakan antena pemicu radiasi signal. Access point / hotspot dapat terhubung dengan perangkat yang kita gunakan sebagai alat penyalur signal jaringan Wifi. Jarak radiasi signal Wifi berbeda-beda. Setiap jaringan Wifi / hotspot memiliki spesifikasi yang tidak sama antara satu sama lain, sehingga radiasi yang dipancarkan pun akan berbeda.

Selain factor jarak antara peralatan dengan hotspot, dalam hal ini kondisi disekitar juga akan sangat menentukan. Frekuensi signal dapat terpancar lebih jauh dengan catatan tidak terdapat suatu penghalang antara antena penangkap signal dengan titik hotspot.

Selain akses internet gratis, daya jelajah yang lebih cepat apabila menggunakan koneksi Wifi membuat banyak orang melakukan berbagai macam upaya untuk bisa menembak jaringan Wifi. Ini memang bukan sebuah permasalahan apabila hotspot bersifat open connection atau dibuka untuk umum.

Berikut cara memasang antena untuk mendapatkan jaringan Wifi dari titik yang jauh

Peralatan yang anda butuhkan:
  • Tutup Panci/ bahan dibuat dari metal
  • Tang/alat pelubang panci
  • Lem dengan daya tahan yang lama/kuat
  • Gum/permen karet atau perekat lunak lainnya
  • USB Wifi Adapter
  • USB Extension Cable
Pada saat anda membeli tutup panci, umumnya tutup panci tersebut dilengkapi dengan pegangan yang bisa dilepas dengan cara memutarnya. Silakan buka pegangan tutup panci tersebut dengan cara memutar pegangan panci sehingga lubang pegangan tutup panci tersebut dapat terbuka.     

Tutup panci harus dicoak terlebih dahulu agar lubang yang tersedia cukup besar. Lubang tersebut nantinya digunakna untuk menempatkan extension cable yang telah disiapkan. Pakailah tang untuk melubangi tutup panci. Buat lobang pada bagian tengah tutup panci dengan cara dicoak menggunakan tang yang sudah disiapkan. Lobang yang dibuat harus pas untuk extension cable yang nantinya akan ditancapkan pada tutup panci.

Silakan masukkan bagian Female end dari USB extention cable (bagian kabel yang tidak tersambung ke komputer atau yang akan masuk ke dalam slot USB wifi adapter) kedalam lubang yang baru saja anda lobangi. Jika belum pas, maka lobangi kembali tutup panci sampai sesuai dengan bagian tersebut.

Seusai USB extension cable sudah terpasang pada tutup panci, selanjutnya rekatkan permen karet yang telah anda siapkan (kunyah sampai lembek sebelum direkatkan). Lalu lem bagian tersebut hingga mengeras atau kuat dengan menggunakan lem yang kuat dan tahan lama. Maksud dari langkah ini ialah agar antara USB extension cable dengan bagian metal tutup panci tersebut tidak goyang. Pastikan lem tersebut benar-benar kuat dengan cara mengelem pada kedua sisi konektor.

Apabila  lem sudah merekat kuat pada bagian yang diinginkan, maka antenna wifi USB sudah siap dipakai. Terakhir, tempatkan USB wifi adapter anda kedalam port yang tersedia pada antenna wifi.

Terakhir, hubungkan male end USB antena wifi anda tersebut (dari extension cable) ke port USB di komputer anda. Sebaiknya anda gunakan alat penyangga untuk menahan perangkat ini agar mudah digunakan dan diarahkan. 

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Kolom Tekno - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Bamz