Senin, 12 November 2012

Cara Mudah Memperbaiki Speker Hp

Cara Memperbaiki Speker Hp
Cara Memperbaiki Speker HpSpeaker ponsel adalah satu diantara komponen ponsel yang sering mengalami kerusakan. Ponsel terdiri dari beberapa komponen speker, ada speker luar ada juga speker suara masuk yang biasa disebut dengan mic. Kerusakan pada bagian sepeker akan sangat membuat pengguna merasa tidak nyaman, karena fungsional ponsel bisa menjadi lumpuh total. Speker ponsel yang mati pada kebanyakan kasus adalah disebabkan karena ponsel tersebut jatuh, kemasukan air atau karena terbentur benda keras.

Adapun tanda-tanda handphone yang mengalami gangguan/kerusakan pada bagian speker diantaranya:
  • Suara speker menjadi sangat kecil
  • Tidak bisa mendengar saat menerima panggilan


Sebelum melakukan perbaikan dengan cara membongkar ponsel, sebaiknya lakukan: 
  • Buka menu Setting volume ponsel. Hal ini untuk memastikan bahwa volume ponsel sudah diset dengan benar (volume tinggi). 
  • Pastikan anda tidak sedang dalam mode profile senyap, silent, meeting, dsb. Jika ponsel dalam mode silent, secara otomatis bunyi akan dihilangkan. 
  • Pastikan tombol On/Off volume masih dalam kondisi baik

Setelah melakukan beberapa langkah pengecekan diatas, dan ponsel sudah berada pada kondisi yang sebagaimana mestinya, namun speker ponsel masih tidak berfungsi secara maksimal, maka langkah selanjutnya adalah melakukan perbaikan dengan cara membongkar ponsel. 


Buka casing ponsel

Setelah berhasil membuka casing, perhatiakan komponen ponsel yang terletak dibagian atas yang berbentuk lingkaran hitam. Ia memiliki dua kaki konektor yang menghubungkan antara speker phone dengan ponsel. Jika ponsel sudah dipakai untuk jangka waktu yang lama, biasanya komponen tersebut dipenuhi debu sehingga menyebabkan aliran listrik menjadi tidak maksimal. Dari sini maka timbullah permasalahan pada speker. 

Bersihkan bagian titik konektor speaker pada PCB dengan cara menghapus karet atau cutter dengan menggosok searah. Pastikan jangan sampai merusak bagian yang menghubungkan konektor dengan ponsel.

Tariklah kaki konektor speker sedikit keatas secara perlahan. Jangan sampai lepas atau patah, hal ini bertujuan agar kaki konektor benar-benar dapat melekat secara sempurna pada bagian mesin ponsel sehingga arus dapat mengalir dengan sempurna dan suara pada speker kembali menjadi normal. Jika speker rusak total/mati, maka harus diganti dengan yang baru sesuai dengan jenis dan type ponsel. Proses pengecekan speker apakah sudah mati total atau masih layak pakai harus menggunakan alat Multitester untuk bisa mengetahui hasil pastinya.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Kolom Tekno - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Bamz