Selasa, 23 Oktober 2012

Cara Mudah Membuat Situs Social Network Sendiri

Cara Mudah Membuat Situs Social Network
Cara Membuat Situs Social Network -  Alam maya memiliki halaman dan ruangan yang berbeda-beda. Ada blog, website, dan juga situs berbasis teknologi web 2.0. Setahun silam sebelum banyak berjelajah ke madding internet sebegitu banyak istilah-istilah dalam lingkup teknologi internet yang masih sangat asing. Apa ini apa itu? Untuk apa yang ini dan untuk apa yang itu? Teknologi internet memang mampu menghasilkan banyak maha karya, berbagai macam kreasi yang luar biasa sukses diciptakan. Dari sekian banyak kreativitas besar yang sudah berhasil diciptakan dalam lingkup internet technology salah satunya adalah web social network atau situs jejaring social. Saat ini nama Facebook dan Twitter masih menjadi dua raksasa jejaring social dijagat maya ini. Yang lain, masih out of rating.

Sebagai seorang pengguna situs jejaring social, anda pasti sempat kepikiran bagaimana sih situs ini dibuat? Dan sesulit apa cara membuatnya? Bagaimana dengan biaya yang dibutuhkan? Segala sesuatu dilihat dari skalanya. Kalau membuat situs jejaring social yang asal jadi saja ya nggak banyak rupiah/dollar yang anda butuhkan. Tapi lain halnya kalau anda ingin men-develop situs tersebut menjadi jejaring social yang professional dan kaya akan fitur seperti yang anda jumpai di Facebook atau Twitter. Bahkan Bill Gates yang saat ini menduduki peringkat kedua orang terkaya sedunia pun masih berpikir dua kali untuk mengalokasikan dana demi developing situs jejaring social. Biayanya teramat sangat tinggi, dan seorang Abu Rizal Bakrie pun belum tentu memiliki aset yang cukup untuk mendanainya.

Proses pembuatan situs jejaring social menempuh beberapa tahapan. Konsep, pembuatan script, data base, instalasi dan seterusnya. Berarti sangat sulit dong?! Nggak juga. Kembali ke skala serta mutu dari social network itu sendiri. Jika ingin dibikin sederhana ya anda tidak membutuhkan waktu dan proses yang lama untuk menyelesaikannya. Buatlah fitur/menu yang standar saja jika anda ingin menyelesaikannya dengan cepat. Persiapkan nama domain, sediakan script yang dibutuhkan, lakukan instalasi, next.. next.. next.. finish dan tinggal mengorbitkan situs jejaring social anda.

Selain factor biaya, factor penentu lainnya untuk bisa menciptakan situs jejaring sosialyang berkelas adalah script content management system. Membuat situs jejaring social itu mudah, tetapi sisi sulitnya terletak pada pembuatan script CMS. Apa itu CMS? CMS adalah script yang akan menentukan bagaimana nantinya fitur dan tampilan situs jejaring social anda tampak cool dan mampu menjadikan member jejaring social milik anda merasa nyaman saat berinteraksi. Membuat CMS adalah PR terbesar anda jika anda ingin membuat situs jejaring social selain beberapa PR penting lainnya.

Script CMS juga dapat anda peroleh secara gratis dari situs jcow. CMS jcow merupakan CMS open source, jadi siapa saja bisa memakainya. Anda masih ingat kan salah satu remaja local yang setahun silam sempat menghebohkan banyak orang setelah mempresentasikan sebuah situs jejaring social bernama salingsapa (salingsapa.com). Dalam hal ini yang bersangkutan juga menggunakan CMS open source jcow.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Kolom Tekno - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Bamz